Ceritanya kamu membeli sebuah hp Android seken merk Xiaomi, setelah sekian lama dipakai akhirnya kamu mencoba untuk melakukan factory default atau reset ulang Android ke pengaturan awal. Setelah selesai proses format ulang ke setelan pabrik, ternyata ketika mengaktifkan internet tiba-tiba saja muncul error Perangkat ini Hilang, dan kamu diminta untuk melakukan aktivasi perangkat ini sedangkan kamu sudah lupa atau tidak ingat lagi dengan akun MI (Xiaomi) baik nomor telepon, email maupun passwordnya. Bagaimana dong mengatasi masalah perangkat ini hilang di Xiaomi?

mengatasi perangkat ini hilang xiaomi

Untuk mengatasi masalah seperti ini caranya cukup mudah, pertama yang harus kamu lakukan adalah adalah format ulang Xiaomi ke default via Recovery Mode. Caranya matikan hp Xiaomi kamu lalu tekan tombol Power dan Volume Atas secara bersamaan sampai muncul pilihan untuk masuk ke Recovery Mode. Setelah berada di recovery mode kamu bisa lakukan proses wipe data dan cache atau format ulang Xiaomi ke default setelan pabrik.

Setelah berhasil melakukan format ulang Android ke default, selanjutnya masuk ke menu di Android, tetapi ingat JANGAN dulu mengaktifkan internet di hp Xiaomi. Kenapa? karena apabila kamu langsung mengaktifkan internet maka akan muncul kembali peringatan Perangkat ini Hilang dan kamu harus melakukan aktivasi.

Apabila telah berada di menu Xiaomi dan kamu tidak terkoneksi ke internet, langkah berikutnya adalah lakukan proses Root Xiaomi, entah itu pakai iRoot ataupun aplikasi root lainnya baik lewat komputer ataupun secara langsung di hp Androidnya. Kenapa harus melakukan root? Karena kita akan menghapus beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang berhubungan dengan aktivasi perangkat.

Beres melakukan root Xiaomi, kemudian install aplikasi untuk menghapus aplikasi bawaan Android dalam contoh kita menggunakan System App Safe Remover. Jalankan aplikasi ini, beri hak akses sebagai superuser, kemudian kamu uninstall atau cabut pemasangan berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan Xiaomi seperti Akun Mi, Cadangan Mi Cloud, Cari Perangkat, Mi Cloud.

mengatasi perangkat ini hilang xiaomi

Apabila kamu masih bingung dengan aplikasi apa saja yang harus di hapus atau uninstall, kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini.

perangkat ini hilang xiaomi

Setelah berhasil menghapus berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan akun Mi, kini kamu coba konek ke internet, dan jreeng error perangkat ini hilang di Xiaomi akan hilang. Kenapa bisa hilang? Sederhana saja, karena kita telah menghapus aplikasi atau settingan yang berhubungan dengan akun Xiaomi, sehingga ketika kita terkoneksi ke internet maka hp Xiaomi kita tidak laku terkoneksi atau terhubung ke akun mi lagi.

Hasil diatas telah sukses di test di Handphone Xiaomi Redmi 2 dengan sistem operasi Kitkat yang sudah di root menggunakan komputer dan memakai aplikasi System App Safe Remover untuk menghapus setting atau aplikasi bawaan Androidnya.

loading...

Baca Selanjutnya :