Sunscreen sangat bermanfaat untuk mencegah kita terkena kanker kulit. Apalagi bila pada siang hari kita akan berada di alam terbuka, maka menggunakan suncreen sebagai pelindung kulit sudah menjadi hal yang mutlak untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Namun banyak diantara kita yang kurang mengerti dan mengetahui bagaimana menggunakan sunscreen yang baik dan sesuai petunjuk sehingga suncreen benar-benar mampu melindungi kulit kita. Berikut ini adalah lima kesalahan mendasar saat menggunakan sunscreen.

1. Menggunakan sunscreen setelah berada di alam terbuka
Yups… banyak diantaranya kita yang menggunakan sunscreen setelah berada di alam terbuka, misal setelah ia di pesisir pantai. Padahal sunscreen membutuhkan waktu untuk bisa diserap oleh kulit. Oleh karena itu gunakanlah Suncreen 30 menit sebelum anda keluar dan pergi ke alam terbuka, sehingga sunscreen benar-benar telah diserap oleh kulit dan mampu melindungi kita dari terik matahari.

2. Hanya menggunakan Sunscreen saat Panas Terik
Ada sedikit yang salah, bahwa sinar UV hanya dipancarkan pada saat panas terik, sehingga kebanyakan dari kita hanya menggunakan sunscreen pada saat panas saja. Padahal pada waktu cuaca berawan pun, sinar UV bisa tetap terpancar dan membahayakan kulit kita. Karena itu gunakan selalu sunscreen baik pada cuaca berawan ataupun terik matahari.

3. Tidak menggunakan kembali sunscreen setelah berenang dan berkeringat
Perlu diingatkan sunscreen tidak bersifat “Waterproof” atau ”Water resistant” sehingga Anda perlu memakai sunscreen kembali setelah berenang atau berkeringat

4. Hanya sekali melulurkan sunscreen dalam sehari
Anda berada di alam terbuka dengan terik panas matahari selama 4 sampai 7 jam, dan anda menganggap bahwa hanya cukup sekali menggunakan sunscreen. Anggapan tersebut tentu saja sangat salah. Check kembali petunjuk penggunaan di produk sunscreen yang anda pakai, disitu pasti dijelaskan bahwa sunscreen sebaiknya digunakan setiap 45 menit sampai 2 jam, ini tentunya sangat berhubungan dengan hal nomor 3 diatas, bahwa suncreen bisa hilang karena faktor keringat jadi perlu dilulurkan kembali.

5. Tidak semua bagian tubuh diberi sunscreen
Harus menjadi catatan bahwa anda harus mengoleskan/melulurkan sunscreen pada seluruh bagian tubuh yang sekiranya bakal terkena sinar matahari langsung, mulai dari tangan, wajah, telinga, leher sampai kepada kaki. Jangan sampai anda menggunakan sunscreen hanya pada bagian tangan atau wajah saja.

Untuk mendapatkan tips dan trik menarik lainnya seputar Lifestyle, jangan lupa jadilah Fans Tasikisme di Facebook atau jadi Follower blog Tasikisme di Twitter, bisa juga anda masukan email anda di bawah ini, dan bergabung dengan ribuan orang yang telah menjadi pembaca setia blog Tasikisme.

loading...

Baca Selanjutnya :