Pernahkah kamu merasa kesal dengan hp Android yang lambat, terus selalu menginstall aplikasi dan game yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan kamu, juga sering banget saat akan nelpon malah muncul error dan ujung-ujungnya Android kamu ngehang tanpa sebab?

Apakah Android bisa terkena virus? Jawabannya tentu saja, hp Android bisa kena virus terutama bila kamu sering banget download aplikasi Android dari internet bukan dari Playstore, maka bisa jadi justru aplikasi atau game yang kamu download tersebut mengandung virus.

Apabila hp Android kamu terlanjur terkena virus, langkah pertama cara mengatasi Android virus adalah dengan menginstall Antivirus terbaik untuk Android yang bisa kamu dapatkan dari Google Playstore. Kamu bisa lakukan proses scanning untuk mendeteksi virus yang ada di hp Android kamu.

Jika setelah menginstall Antivirus ternyata hp Android kamu masih tetap error dan sering download game atau aplikasi tanpa sebab yang bisa menyedot kuota internet kamu, maka langkah kedua memperbaiki Android terkena virus adalah lakukan proses Hard Reset atau kembali ke setelan pabrik sehingga nantinya hp Android kamu akan kembali fresh seperti baru beli dari pabrik.

memperbaiki android terkena virus

Bila Virus di Android masih tetap ada meskipun kamu sudah melakukan hard reset, maka langkah terakhir dan terbukti ampuh untuk memperbaiki Android terkena virus adalah dengan cara melakukan flashing atau update Android menggunakan firmware atau OS terbaru. Proses flash atau update firmware ini bisa dilakukan lewat menu Recovery Mode ataupun menggunakan program di komputer atau Android Flashtool, ODIN untuk Samsung, Sony PC Companion ataupun MTK Flash Tool.

Namun sebelum melakukan proses flash/ update Android, pastikan bahwa sudah download terlebih dahulu firmware yang sesuai dan cocok untuk hp Android kamu. Biasanya firmware ini bisa kamu download dari website resmi dari merk hp Android yang kamu pakai.

Baca Selanjutnya :

loading...