Pada kondisi default Windows XP menyimpan file My Documents anda pada lokasi C:Documents and Settings[username]My Documents. Ini tentu sangat beresiko, karena bila suatu saat komputer anda terkena virus, dan komputer anda harus diinstal ulang dengan sebelumnya drive C harus diformat, maka sudah bisa dipastikan seluruh dokument dan data anda yang disimpan pada folder My Documents akan hilang tanpa jejak.

Untuk menghindari hal semacam itu menimpa anda, langkah termudah adalah dengan merubah lokasi default dari My Documents anda. Ada baiknya, anda buat folder khusus di drive yang terpisah dengan lokasi Windows XP anda. Misal bila Windows XP terinstal di drive C, maka anda buat Folder untuk lokasi My Documents di drive D, dengan demikian bila suatu saat komputer anda terserang virus dan mengharuskan komputer anda di Instal ulang, semua dokumen dan data yang berada di My Documents akan aman.

Untuk merubah default lokasi My Documents langkahnya sangat mudah dan hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit.

1. Klik kanan pada My Documents kemudian Properties

Dokument Properties

 

2. Setelah itu akan muncul My Documents Properties

My Document Properties

 

3. Untuk merubah lokasi Default My Documents, tinggal anda klik Move

4. Pada jendela Select a Destination, tentukan lokasi baru untuk folder My Documents (Sebaiknya anda buat folder baru dengan mengklik Make New Folder pada Drive D terpisah dari lokasi instalasi windows XP anda, dalam contoh penulis membuat folder baru bernama Tasikisme, setelah itu klik OK

 

Select A Destination

 

5. Kembali ke jendela My Documents Properties, k ini terlihat bahwa posisi atau target My Documents anda telah berubah ke lokasi D:/Tasikisme. Untuk menyimpan perubahan yang baru saja dilakukan klik tombol APPLY dan kemudian OK

 

Dokument Propersties

 

K ini setiap anda menyimpan data di My Documents maka akan tersimpan pada Folder yang sesuai dengan yang anda tentukan, dan andapun bisa terhindar dari resiko kehilangan data dan dokument bila suatu saat nanti Komputer anda harus diinstal ulang karena virus.

Selamat Mencoba!

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts