Satu yang sering dialami oleh pengguna Windows 7, terutama mereka yang menggunakan Laptop model lama yang dikeluarkan sebelum adanya Windows 7 adalah Error Consider Replacing Your Battery dengan tanda cakra (x) merah di indikator baterai. Bagaimana cara  mengatasi tanda merah di baterai ini?

Penyebab serius dari masalah Consider Replacing Your Battery adalah karena Windows 7 “salah” dalam membaca ACPI dari Laptop tersebut. Alhasil, maka Windows 7 pun akan mengeluarkan warning atau error yang salah? Lho kok bisa? Ini karena BIOS laptop tersebut belum mendukung sepenuhnya Windows 7 sehingga antara BIOS dan OS Windows 7 tidak sinkron. Solusi Consider Replacing Your Battery di Laptop dengan Windows 7 adalah beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut :

Pertama, Solusi Terbaik dan Terjitu namun Resikonya juga Besar karena bisa mengakibatkan Laptop Matot alias Mati Total yakni dengan Update BIOS ke versi terbaru yang sudah mendukung Windows 7. Sehingga nantinya Windows 7 nantinya tidak akan salah lagi membaca indikator baterai dari BIOS. Benarkan Update BIOS bisa menyebabkan Laptop matot? Tentu saja, apalagi jika saat sedang proses update tiba-tiba laptop mati atau kehilangan daya, sehingga proses hanya berjalan setengah, alhasil BIOS tidak terinstall dengan baik.

Solusi kedua yang layak dicoba seperti di bawah ini :

Nyalakan Laptop dan charge sampe Indikator baterai menunjukkan 100% atau Full Charged
Setelah indikator baterai 100%, jangan dulu dicabut chargernya tapi Restart Windows 7 ke Safemode. Dari Start Menu pilih Restart, nah nanti saat sedang proses booting tekan terus F8 untuk masuk ke Safemode.
Setelah  Windows 7 masuk ke Safemode, kemudian cabut Charger dan biarkan laptop menyala dan Anda jangan melakukan aktivitas apapun di laptop tersebut, biarkan laptop sampai mati sendiri karena kehabisan baterai (ini biasanya berlangsung sekitar 1 s.d 2 jam lebih)
Setelah laptop mati karena kehabisan baterai, lalu colokan lagi charger ke Laptop dan nyalakan Laptop seperti biasa, dan Tanda Cakra di Indikator baterai pun akan hilang.

Bagaimana jika setelah melakukan dua cara tersebut diatas, Laptop masih juga menunjukan indikator Consider Replacing Your Battery? Jika setelah melakukan dua cara tersebut diatas masih juga gagal, maka bisa dipastikan baterai laptop memang sudah ngdrop, dan sudah saatnya diganti.

loading...

Baca Selanjutnya :