Home Internet Sehari Tanpa Internet? Siapa Takut?

Sehari Tanpa Internet? Siapa Takut?

by Satria Dewa
0 comment

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali kita ngobrol dengan tetangga di depan rumah, kapan terakhir kali kita bersenda gurau dengan warga sekitar di bangku taman dekat rumah atau ingat-ingat kapan terakhir kali kita berkunjung ke rumah tetangga, kerabat hanya untuk sekedar menyapa, mengucapkan selamat pagi atau sekedar berbagi makanan yang kita buat di rumah?

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, semakin mudahnya akses internet, kapan dan dimanapun berada, kita bisa dengan mudah mengakses internet, berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya lewat sosial media seperti Twitter dan Facebook, telah menjadikan kita terlena dan bahkan terlalu fokus berinteraksi online dan secara tidak langsung melupakan interaksi langsung, face to face dengan teman, kerabat atau tetangga di sekitar rumah kita.

Tidak salah memang bila kita ingin eksis di dunia maya, tidak ada yang melarang juga bila kita ingin membangun sebuah kerajaan bisnis online dan tidak akan pernah ada yang berani menegur kita, bila kita ingin menjadi selebritis di socmed. Dunia maya itu tanpa batas, apapun yang kita inginkan bisa kita dapatkan, bisa kita cari, bisa kita ungkapkan dan dalam hitungan detik kita bisa menjadi terkenal cuma via internet!

Tak mengherankan bila kemudian banyak orang bilang : “sehari tanpa internet hidup terasa hampa”, “sehari tanpa internet, bisnis terhambat income berkurang”, “sehari tanpa internet, dunia terasa kiamat” dan berbagai ungkapan tentang sisi buruk dan dampak negatif bila dalam sehari saja kita tidak bisa mengakses internet.

Orang sering lupa dan bahkan tidak menyadari, bahwa selalu ada sisi positif dari hilangnya sesuatu di hidup kita ini. Sehari tanpa internet, bisa menjadi awal bagi kita untuk lebih “down to earth” lebih mendekatkan diri ke kehidupan real di sekeliling kita. Bisa kita jadikan kesempatan untuk kita lebih mengenal teman, sahabat atau kerabat yang sempat terlupakan. Sehari tanpa internet, bisa kita manfaatkan untuk berkunjung ke rumah tetangga, cuma sekedar untuk menyapa, berbagi cerita atau sekedar bersenda gurau yang sudah lama tidak kita lakukan.

Internet memang sangat penting bagi kehidupan kita sekarang ini, bahkan karena sangat pentingnya internet, tak mengherankan bila salah satu operator besar di Indonesia yakni Telkomsel mencanangkan Gerakan Indonesia Genggam Internet yang tujuannya tiada lain agar seluruh rakyat Indonesia bisa mengenal dan merasakan manfaat internet. Oleh karena itu mari kita sebarkan manfaat internet dan berantas buta internet ke seluruh pelosok tanah air, tanpa harus kehilangan esensi kita sebagai homo socius. Jangan sampai, kehadiran internet di kehidupan kita malah membuat kita terisolasi dan terkucilkan dari lingkungan dimana kita berada.

sehari_tanpa_internet

Mari kita kenalkan internet kepada anak-anak sejak dini, agar mereka mengenal teknologi dan tentunya bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa global. Ajarkan kepada anak-anak bagaimana cara mencari sebuah informasi yang baik dan benar lewat internet, bimbing mereka dengan seksama agar mereka bisa memfilter informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka di lihat dan diakses. Ajarkan kepada mereka bahwa internet bisa memperluas wawasan, memperkaya ilmu pengetahuan dan mempererat persaudaraan.

Baca Selanjutnya :

Leave a Comment