Bisakah memindahkan file dari flashdisk ke hp Android secara langsung tanpa harus menggunakan komputer/PC? Jawabannya tentu saja dengan menggunakan fitur OTG di Android. Lho apa sih OTG itu? USB On The atau biasa disingkat OTG adalah sebuah fitur yang ada di smartphone yang berfungsi agar kita bisa melakukan transfer file secara langsung dari penyimpanan eksternal seperti flashdisk ke smartphone kita.

Jadi dengan OTG, apabila kamu memiliki file lagu atau dokumen lainnya di sebuah flahsdisk, kamu bisa langsung membuka, membaca atau memindahkan file tersebut dari flashdisk ke smartphone kamu tanpa harus menggunakan komputer/pc. Secara sederhana, dengan fitur OTG kamu bisa mencolokan sebuah flashdisk ke smartphone kamu.

cek android bisa otg atau tidak

Apakah semua hp Android sudah dilengkapi dengan fitur OTG atau USB On The Go? Jawabannya tidak semua Android dilengkapi fitur OTG ini. Saat ini yang dilengkapi fitur OTG adalah ponsel Android kelas atas yang harganya mahal seperti Samsung Galaxy S6, Galaxy Note 4, Sony eXperia Z, LG Optimus G2 ke atas, Samsung Galaxy S4.

Bagaimana cara cek apakah hp Android kita support OTG? Untuk mengecek apakah ponsel kamu bisa OTG atau tidak caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa membaca spesifikasi ponsel Android yang kamu miliki, bila tercantum support OTG maka kamu bisa langsung flashdisk OTG di Android kamu. Bila tidak ingin repot membaca spesifikasi hp Android, kamu bisa memakai sebuah aplikasi OTG Checker yang banyak tersedia di Google Playstore.

cara mengecek android support otg atau tidak

So, apabila kamu ingin mengganti hp Android lama dengan hp Android baru, jangan lupa memilih hp Android yang sudah bisa OTG agar kamu bisa dengan mudah transfer foto dari hp Android ke flashdisk atau sebaliknya tanpa repot menggunakan komputer.

Baca Selanjutnya :

loading...