Tak bisa dipungkiri saat ini torrent telah menjadi alternatif download yang banyak dipilih orang, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan game terbaru, OS teranyar maupun film tergres yang baru saja direlease dengan gratis tanpa harus mengeluarkan sepeser uangpun. Kalau anda relatif baru terhadap yang namanya torrent, penjelasan sederhana dan singkat berikut mungkin akan sedikit membantu, bagaimana dan apa torrent itu?

Apakah torrent file itu atau file *.torrent?
File torrent merupakan sebuah metafile kecil yang berisi informasi tentang file yang ingin anda download. Kebanyakan file torrent berukuran hanya beberapa kilobyte saja yang berisi tentang besarnya file, informasi download dan info lainnya. Dengan adanya file torrent ini, memungkinkan kita untuk mendownload  file sebenarnya (yang diinformasi di dalam file torrent ini), jadi file torrent file ini bukankah file sebenarnya yang ingin anda download.

Apakah peer itu?
Proses donwload  file torrent berlangsung secara peer to peer itu artinya bahwa bagian-bagian dari file yang didownload berasal dari berbagai macam komputer. Dalam arti lain setiap komputer yang terhubung ke internet dan melakukan aktivitas baik download maupun upload di torrent pada saat yang bersamaan, itulah yang disebut dengan peer. Setiap Peers biasanya tidak memiliki file yang lengkap namun hanya menyediakan bagian-bagian dari file tersebut.

Lalu apa Seeder dan Leecher?
Leecher secara sederhana adalah orang yang telah mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut dia langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut.
Sedangkan Seeder kebalikan dari Leecher yakni orang terus mensharing file tersebut meskipun dia telah selesai mendownloadnya, dengan melakukan hal seperti ini dia telah membantu orang lain untuk lebih mempercepat proses download dari file yang disharing tersebut. Keberadaan seeder ini sangat baik bagi kelangsungan hidup di dunia torrent.
Jika anda mendownload sebuah file, dan tidak ada satupun Seeder untuk file tersebut, maka proses download dari file tersebut tidak akan berhasil. Anda hanya mencapai proses download 99% tidak sampai 100%

Apakah Swarm itu?
Sekelompok orang baik itu seeder, leecher, peers yang terkoneksi atau terhubung satu sama lain dan mendownload  maupun upload sebuah file itulah yang dinamakan Swarm

Apa itu Tracker?
Tracker adalah sebuah server yang menyimpan data tentang berapa banyak seeder, leecher, peers dan info lainnya dari sebuah file torrent. Tracker mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang  mendownload, upload/sharing sebuah file.

Apakah Torrent Client atau BitTorrent?
Torrent Client atau BitTorrent adalah sebuah aplikasi atau software yang punya kemampuan untuk merequest,  download atau proses sharing lewat protokol BitTorrent. Contohnya adalah uTorrent, Azureus (Vuze) atau BitComet.
Jangan lupa masukkan email anda di bawah ini untuk selalu uptodate dengan info terbaru dari tasikisme.com dan bergabung dengan ribuan pembaca setia tasikisme.com

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts