Di zaman serba mobile beg ini, dimana kemudahan akses internet menjadi hal yang penting, setiap website terkenal sudah pasti punya web versi mobile-nya masing-masing, dengan tujuan agar member atau visitornya merasa nyaman ketika harus mengakses websitenya lewat pda, handphone ataupun smartphone lainnya.

Mulai dari Youtube si raja online video sharing, Yahoo, sampai kepada web online social networking seperti Friendster ataupun facebook semua memiliki website versi mobilenya. Tujuannya tidak lain adalah agar setiap orang yang mengakses web mereka lewat handphone, pda atau smartphone merasa nyaman dan tidak terlalu terbebani dengan besarnya data yang harus didownload.

Website versi Mobile view memang sangat jauh sekali berbeda dengan website aslinya atau desktop view. Fitur-fitur maupun menu di mobile view pun sangat terbatas dan tidak sebanyak pada versi desktop view. Ini disesuaikan dengan kemampuan pda, handphone atau smartphone yang memang masih sangat terbatas bila dibandingkan dengan komputer.

Tapi, justru dengan keterbatasan tersebut kita bisa memanfaatkan mobile view untuk browsing dengan lebih cepat. Bila anda kebetulan menggunakan jalur GPRS sebagai koneksi internet, atau bila anda berlangganan internet dengan system kuota, dimana pemakaian internet anda dihitung berdasarkan besar kecilnya data yang didownload (dihitung per Kb) maka browsing dengan mobile view bisa dijadikan pilihan untuk menghemat dan tentunya mempercepat acara browsing anda.

Coba anda akses Yahoo mail dengan desktop view (standar) dengan mempergunakan akses GPRS tentu proses loadingnya sangat lama, dan besarnya data yang download bisa beratus-ratus kb. Tapi bila anda mengakses Yahoo dengan mobile view, proses loadingnya akan lebih cepat dan tentunya kuota yang anda habiskan juga sedikit. Lebih hemat dan lebih cepat. Toh anda kan cuma mau cek email, dan tidak akan merubah-rubah settingan pada email Yahoo anda.

Kalau anda ingin mencoba browsing dengan mobile view di komputer anda, berikut ini adalah beberapa website terkenal yang menyediakan fasilitas mobile view.

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts