Digital Right Management atau yang lebih terkenal dengan singkatan DRM merupakan salah satu cara dari si empunya hak cipta (entah itu musik atau film) untuk melindungi hasil karyanya. Dengan adanya perlindungan DRM maka si produser/pemegang hak cipta dapat mengontrol orang untuk mengcopy, menginstal, melihat atau menyebarkan file yang telah dibelinya.

Misal bila anda membeli sebuah file musik untuk iPhone atau iPod maka anda hanya bisa memutarkan musik tersebut di iPhone atau iPod anda saja, kalaupun anda bisa mengcopy file tersebut di device lain maka file tersebut tidak akan bisa diputar karena adanya perlindungan DRM ini.

Proteksi DRM memang sangat berguna bagi pemegang hak cipta untuk melindungi karyanya dari Pembajakan. Namun lain halnya bila anda hanya ingin membagi file yang dibeli tersebut dengan Saudara (tanpa maksud memperbanyak untuk dikomersilkan lagi), tentu saja adanya DRM ini sangat menjengkelkan, karena membuat anda tidak bisa berbagi / sharing musik.

Beberapa software berikut ini akan membantu untuk menghilangkan Proteksi DRM file musik atau film yang anda beli, tentu saja penjelasan mengenai software ini hanya ditujukan untuk sekedar info semata, tasikisme tidak menyarankan anda untuk menjadi pembajak. Gunakan software berikut bila anda hanya ingin membagi file musik dengan saudara atau kerabat dekat saja, dan tidak untuk tujuan diperbanyak dan dikomersilkan.

Sound Taxi : Menghilangkan proteksi DRM dengan cara me-record ulang file asli sehingga dihasilkan file serupa tapi tanpa proteksi DRM. Sehingga anda bisa bebas mengcopy dan memutar file hasil recording Sound Taxi ini. Sound Taxi mampu mengconvert file-file yang nantinya bisa diputar di WMP, Quicktime, ataupun Real Player.

MuvAudio : MuvAudio mempergunakan WMP untuk memproses file DRM sehingga dihasilkan sebuah file yang free DRM. MuvAudio mampu mengconvert beberapa file secara simultan.

Beberapa software lainnya yang terkenal diantaranya adalah DRM Removal dan Tunebite 6. Untuk mendownload software-software tersebut anda bisa meminta bantuan pada Google.

Untuk tetap update dengan fresh info, dan tips menarik seputar komputer dan musik, jangan lupa masukkan email anda di bawah ini, klik subscribe!.

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts