Moment Valentine Day memang menjadi moment yang paling ditunggu untuk merayakan cinta bersama sang kekasih hati pun tak terkecuali moment Valentine Day menjadi kesempatan para pembuat virus, penjahat dunia maya untuk menyebarkan virus, worm, trojan sampai spam yang berbau Valentine Day.

Salah satu contoh penyebaran virus/worm Valentine Day melalui emai-email spam adalah dengan mempergunakan bahasa berbau cinta seperti “Sending You All My Love”, “I Knew I Loved You”, “Miracle of Love”, “With All My Love”, “Short and Sweet”, “Me and You”, “In Your Arm” pada subject atau judul Emai.

Melihat judul email yang berbau cinta tersebut, banyak orang yang tertipu dan membuka email tersebut. Begitu email terbuka, akan tersedia link yang menarik untuk di-Klik (dibuka), dan saat link tersebut di klik si empunya email akan secara otomatis dibawa kepada sebuah halaman web yang menyediakan 12 pilihan gambar cinta dan disuruh memilih salah satu dari 12 gambar cinta tersebut.

Dan… begitu anda memilih salah satu dari 12 gambar cinta tersebut, secara tak sadar anda telah menginstal sebuah program di komputer anda yang merupakan sebuah virus/worm atau trojan. Begitu program tersebut terinstal di komputer anda, maka bersiap-siaplah semua data pribadi di komputer anda mulai password, username sampai kepada nomor kredit card anda dicuri oleh virus/worm tersebut.

Teknik lain dari penyebaran virus Valentine Day adalah melalui sebuah attachment yang disertakan lewat email tersebut, didalam attachment akan tersedia sebuah program dengan nama-nama yang menarik dan berbau cinta, begitu anda membuka attachment tersebut, maka komputer andapun akan terinfeksi virus/worm tersebut.

Jadi, kalau anda menerima email dari orang tidak dikenal dengan subjek berbau cinta seperti contoh-contoh diatas, JANGAN PERNAH membuka email tersebut, apalagi sampai membuka attachment atau mengklik link yang ada di email tersebut. Jangan jadikan Valentine Day menjadi moment menakutkan karena anda terserang virus Valentine Day!

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts