Anda pernah menerima message dari Friend anda di Facebook yang di dalamnya berisi sebuah link untuk melihat sebuah Video? Yups… jika anda pernah menerima message seperti itu, hati-hati saja ada kemungkinan anda memang se dang diserang oleh sebuah virus. Kalau selama ini anda mengira bahwa Facebook atau Friendster ataupun MySpace dan Sosial Networking lainnya adalah tempat yang indah, aman dan bebas dari segala macam ancaman, maka anggapan anda tersebut 100% sangat salah. Facebook k ini telah menjadi salah satu target bagi penyebaran virus-virus yang tentunya sangat membahayakan kegiatan online anda.

Kalau anda tidak percaya, simak beberapa virus yang telah, se dang dan mungkin akan menyerang anda lewat Facebook maupun online social networking lainnya seperti Friendster, MySpace ataupun Bebo.

> Virus Koobface

Nama virus ini cukup unik karena merupakan ejaan terbalik dari Facebook. Penyebaran virus Koobface terutama lewat Message di Facebook. Caranya, si virus akan mengirimkan sebuah Message (dari teman-teman anda di Facebook yang sebelumnya telah terserang virus Koobface) kepada anda yang berisi sebuah link video (biasanya video dari Youtube), ketika anda mengklik link tersebut, anda akan dibawa ke sebuah Website, dan pas anda berada di Website tersebut, anda akan meneirma pesan error bahwa program yang akan anda gunakan melihat File Video tersebut harus anda Update. Tanpa anda sadari, andapun melakukan semua perintah yang diberikan dan Jreeng… si virus akhirnya menginfeksi anda.

Kenapa anda bisa tertipu? Alasannya sederhana, karena yang memberikan message tersebut adalah teman-teman anda di Facebook (salah satu diantaranya mungkin teman akrab anda) makanya andapun tanpa ragu mengklik link tersebut. Lalu apa yang terjadi setelah si virus berhasil menyerang/ menginfeksi anda? Setelah berhasil menyerang anda, maka si virus akan secara otomatis mulai mengirimkan Message, Wall Post ke semua Friend anda di Facebook. Apa isi Message tersebut? Yaa… itu message yang anda kirimkan (secara otomatis oleh virus) berisi sebuah link video (sama seperti yang anda terima sebelumnya). Akibatnya bisa anda tebak, teman-teman anda pun akan mulai terinfeksi virus koobface (karena mengira link video tersebut dari Anda). Akhirnya si virus pun mulai menyebar kemana-mana.

> Virus Profileye

Penyebaran virus Profileye lumayan sopan. Profileye akan memberitahukan bahwa ada seseorang yang telah melihat profile Facebook anda, dan dia meminta anda untuk menginstal sebuah Applikasi di Facebook agar anda bisa melihat orang yang melihat profile anda tersebut. Dan begitu aplikasi tersebut terinstal di Facebook anda, maka si Profileye akan mulai mencuri data-data pribadi anda di Facebook (terutama daftar contact/ friends anda). Setelah itu Profileye akan mulai menghubungi teman-teman anda, dan tentunya berisi ajakan untuk menginstal aplikasi tersebut akibatnya teman-teman andapun akan mulai terinfeksi Profileye.

Itulah 2 buah virus dari sekalian banyak virus yang beredar lewat Facebook. Di luar sana ada puluhan bahkan ratusan virus yang siap menyerang anda lewat lewat facebook, friendster ataupun MySpace kapanpun dan dimanapun tanpa anda sadari, dengan berbagai cara dan trick untuk mengelabuinya anda. Lalu bagaimana pencegahannya? Tips singkat berikut mungkin berguna.

  • Gunakan Antivirus dan Software Adware di komputer anda
  • Jangan pernah meng-Klik Link yang aneh-aneh. Jika anda menerima Wall Post atau Message yang berbunyi (misalnya), “Facebook telah mengirimkan sebuah pesan penting untuk Anda, Klik Dis ini untuk melihatnya” jangan pernah meng-klik link tersebut. Jika Facebook memang berniat mengirimkan sebuah pesan pada anda, Facebook akan langsung mengirimkannya ke email anda, tanpa perlu basa-basi dan menyuruh anda klak klik disana dis ini!
  • Lakukan update program dari website resmi program tersebut. Jangan pernah melakukan proses update program di website seperti yang koobface atau virus lainnya berikan.
  • Tanyakan langsung ke teman. Jika anda menerima message dari teman anda tentang link video yang dikirimkannya. Jika anda ragu, tanyakan langsung apakah benar teman anda tersebut mengirimkan message dan link video tersebut?

Untuk tetap uptodate dengan infor-info menarik seputar Facebook jangan lupa masukkan email anda di bawah ini dan klik subscribe.

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts