iPad atau iPhone 4? Inilah Persamaan dan Perbedaan antara iPad dan iPhone 4

Mungkin Anda sering melihat iklan di televisi tentang iPad dan iPhone 4? Apakah iPad itu dan Apakah iPhone 4? Lalu apakah perbedaan dan persamaan antara iPad dan iPhone 4?

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Apakah iPad itu? Anda bisa baca ulasan lengkapnya di Spesifikasi dan Fitur iPad sedangkan untuk mengetahui Kelebihan dari iPhone 4 bisa dibaca di Apakah Kelebihan iPhone 4 itu?  Lalu apakah perbedaan dan persamaan antara iPhone 4 dan iPad? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Berbicara tentang iPad dan iPhone 4 tentunya tak terlepas dari fungsi dan kegunaan antara keduanya. Perlu diingat iPhone 4 adalah sebuah telepon (handphone) jadi sudah bisa dipastikan bahwa iPhone memiliki fitur-fitur selayaknya sebuah Handphone, dimana Anda bisa melakukan percakapan (nelepon), kirim SMS, MMS sampai Video Call (FaceTime). Sedangkan iPad bukanlah sebuah telepon karena pada awalnya saja ditujukan sebagai eBook Reader/Tablet yang tentunya tidak disertai dengan fungsi telepon (meski dengan berbagai Tweak/Jailbreak dan aplikasi, Anda bisa merubah iPad untuk memiliki fungsi sebagaimana layaknya sebuah telepon).

iPhone 4 sudah dilengkapi dengan koneksi 3G dan Wifi itu artinya Anda bisa akses internet baik melalui jaringan 3G ataupun Wifi, namun tidak demikian dengan iPad. iPad hadir dengan 3 varian, ada yang dilengkapi dengan koneksi 3G ada yang tidak, itu artinya jika Anda berminat membeli iPad, pastikan Anda membeli iPad versi 3G sehingga anda bisa mengakses internet di iPad lewat operator selular kesayangan.

Dari sisi ukuran layar dan berat jelas sangat jauh berbeda. iPhone 4 hadir mungil dan stylish dengan berat hanya 0,3 pound dan layar  3.5 inches sedangkan iPad beratnya hampir 1.5 (atau 1.6 pound untuk versi iPad 3G) ini bisa dimaklumi karena layar iPad lumayan lebar yakni 9.7 inches sehingga Anda bisa menikmati tampilan dengan lebih leluasa.

iPhone 4 dilengkapi dengan kamera bahkan dual kamera dimana kamera depan bisa difungsikan untuk melakukan video call atau facetime, sedangkan iPad belum dilengkapi dengan kamera.

Sedangkan untuk aplikasi dan game, karena menggunakan sistem operasi yang sama yakni iOS baik iPad dan iPhone tentunya didukung dengan ribuan aplikasi dan game yang siap diinstal dan didownload lewat Apple App Store. Anda bisa dengan mudah update Twitter, Chat Facebook sampai memainkan game terkenal seperti Angry Birds di iPhone dan iPad.

Kesimpulannya: jika anda membutuhkan sebuah gadget yang hampir mendekati fungsi sebuah netbook (layar besar dan tentunya kemudahan mengakses internet) maka tentunya iPad bisa menjadi pilihan, namun jika yang diperlukan adalah sebuah alat komunikasi (telepon) namun dengan fungsi tambahan yang beragam, tentunya iPhone 4 bisa dijadikan alternatif terbaik.

Baca Selanjutnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*