2012-11-05Prosesor, Memori RAM dan VGA adalah tiga hal penting yang sangat berpengaruh terhadap cepat tidak sebuah netbook atau laptop. Meski memiliki prosesor high end, namun memori RAM dan VRAM kecil, kinerja netbook tidak akan maksimal alias sedikit slow. So, untuk memiliki sebuah netbook atau laptop yang super cepat, yang diperlukan adalah prosesor kelas high end, memori RAM yang besar dan tentu saja VGA dengan VRAM yang besar pula.

Sebuah Netbook, umumnya hadir dengan prosesor yang kecil, memori RAM yang cuma 1GB dan tentunya VGA yang pas-pas-an, alhasil Andapun tidak akan mampu memainkan game 3D di Netbook dengan sempurna dan bahkan mungkin tidak akan bisa memainkan game tersebut. Tak hanya itu, saat menjalankan program Photoshop, Winamp, Excel, Word sampai Corel Draw secara bersamaan dan simultan, netbook Anda akan sangat lambat sekali.

Untuk prosesor dan VGA tentu saja kita tidak bisa mengganti karena semua sudah onboard, so langkah satu-satunya untuk mempercepat netbook adalah dengan menambah kapasitas memori RAM, semisal dari 1GB menjadi 2GB, sehingga nantinya Netbook Anda akan sedikit lebih cepat dan kinerjanya lebih responsif.

Bagi Anda yang merasa segan untuk menambah memori RAM secara permanen, alias harus membeli memori RAM baru, ada sedikit trik sederhana yakni menambah kapasitas memori RAM dengan menggunakan Flashdisk yang dikenal dengan ReadyBoost. Dengan menggunakan Flashdisk kita bisa menambah kapasitas RAM secara temporary, semisal saat Anda se dang menjalankan berbagai program secara bersamaan, Anda bisa langsung mencolokan flashdisk ke netbook dan memfungsikan flashdisk tersebut sebagai memori RAM sehingga akan menambah kecepatan dari netbook Anda.

Tidak sembarang Flashdisk bisa difungsikan sebagai RAM, hanya flashdisk tertentu yang sudah mendukung ReadyBoost. Jadi, saat Anda membeli sebuah Flashdisk, pastikan Anda melihat tulisan Readyboost di paket pembelian flashdisk tersebut.

Pertama, klik kanan pada drive Flahsdisk Anda, kemudian pilih Properties, sehingga akan keluar seperti di bawah ini, pastikan Anda telah memberikan tanda pada Use This Device

Mempercepat Netbook

Setelah semua settingan benar, klik tombol Apply kemudian OK sehingga k ini Netbook Anda pun akan mendapatkan tambahan kecepatan RAM dari Flashdisk.

loading...

Baca Selanjutnya :