Anda pasti pernah mengalami, saat akan memutar sebuah file Video, misal anda telah mendownload sebuah video dari YouTube, tapi pas mau diputar di komputer anda, file video tersebut tidak bisa diputar, yang ada hanya keterangan error, kalaupun bisa diputar di Windows Media Player atau Winamp, yang keluar hanya suaranya saja, sedang videonya tidak tampil.

Kalau anda mengalami hal seperti itu, penyebabnya adalah tidak adanya Codec yang sesuai di komputer anda untuk memutar file video tersebut. Codec singkatan dari Code Decode adalah tak lebih dari satu set instruksi yang diberikan kepada sebuah software video player, sehingga player tersebut bisa mengerti file yang dibaca/ diputarnya tersebut. Jika anda mencoba memutar sebuah file video yang di encoded dan dikompres dengan sebuah algoritma, maka anda pun memerlukan algoritma yang sama untuk proses decoding file tersebut, sehingga akhirnya file tersebut bisa diputar. Karena itulah maka anda memerlukan sebuah Codec terinstal di komputer.

Biar anda tidak bingung, anda pasti mengenal “Sandi Rumput”, ketika menjadi Pramuka dulu kan? nah kalau anda menerima pesan yang menggunakan “Sandi Rumput”, maka untuk bisa membaca pesan tersebut, tentu andapun harus mengerti tentang “Sandi Rumput” tersebut, kalau tidak? Maka pesan pun tidak akan bisa dibaca sama sekali. Hal yang sama juga berlaku dengan file video anda.

Meskipun komputer anda dilengkapi dengan DVD Room, belum tentu anda bisa memutar film DVD di komputer anda, bila di komputer anda tidak terinstal MPEG-2 Codec. Karena itu, ketika membeli sebuah DVD ROOM, pastikan anda juga menginstal software DVD Player, yang disertakan bersama DVD ROOM tersebut, karena biasanya DVD Player tersebut akan otomatis menginstal MPEG-2 Codec dalam komputer, hingga komputer anda siap untuk memutar DVD..

Jadi jika anda mempunyai sebuah file video, tapi file tersebut tidak bisa diputar di komputer anda, sebaiknya anda cari tahu dulu codec untuk memutar file tersebut, kemudian anda menginstal codec tersebut di komputer anda.

Anda bisa menginstal codec-codec yang cukup popular dan banyak dipakai di dunia dalam bentuk pack, atau kumpulan codec. Jadi lebih praktis, tidak perlu menginstal satu per satu codec. Anda bisa mendapatkan Codec Pack ini di Kazaa Lite Mega Codec Pack. Saat mengintal codec pack ini, akan banyak sekali codec yang terinstal di komputer anda, bahkan untuk codec yang. jarang digunakan pun akan ikut terinstal. Karena itu saat instalasi, sebaiknya anda pilih codec-codec apa saja yang memang diperlukan oleh komputer anda

Cara kedua anda bisa menggunakan third party tools seperti GSpot Codec Information. Jadi ketika anda menemukan sebuah file video tidak bisa diputar di komputer anda, tinggal anda gunakan GSpot ini. Pilih Open File, kemudian tekan “Render”, GSpot akan mencoba untuk memutar file tersebut dan mencari codec yang cocok sesuai dengan yang ada di databasenya, bila kemudian masih juga error, GSpot akan memberitahukan kepada anda, apa masalah yang sebenarnya anda hadapi hingga anda bisa mencari codec yang tepat untuk memutar file tersebut.

Masalah video tidak keluar gambarnya dan hanya ada suara saja, bisa juga disebabkan karena proses download yang tidak sempurna. Semisal, proses download yang terhenti-henti, tidak normal karena koneksi internet yang lemot atau sering gangguan / disconnect. Jika menghadapi masalah ini, maka yang harus Anda lakukan adalah download ulang video tersebut, dan pastikan proses downloadnya selesai dengan sempurna dengan kecepatan internet yang stabil.

Sekarang, jika anda punya file video yang tidak bisa diputar di komputer anda,
anda bisa mencari tahu sendiri codec apa yang diperlukan untuk memutar file tersebut.

loading...

Baca Selanjutnya :