Keberadaan internet banking memang sangat membantu dan tentunya mempermudah berbagai transaksi keuangan kita. Mulai dari proses transfer uang, membayar berbagai macam tagihan (listrik, telepon) sampai kepada sekedar kita mencek saldo tabungan kita di Bank. Tak mengherankan, bila Bank pun k ini berlomba-lomba memberikan layanan Internet Banking kepada Nasabah.

Nah, tips sederhana berikut ini adalah bagaimana mengakses internet banking dengan aman, sehingga anda bisa terhindar dari kerugian karena sedikit kelalain saat mengakses internet banking.

 

  • Jangan pernah mengakses Internet Banking dari komputer umum (Shared Computer) seperti di Warnet atau tempat-tempat umum lainnya. Selalu gunakan Laptop atau komputer pribadi anda.
  • Jangan pernah lupa lengkapi Laptop anda dengan Antivirus, Firewall maupun Anti Spyware terbaru untuk memastikan tidak ada program jahat yang akan menyadap setiap aktivitas online anda.
  • Sebaiknya hindari mengakses Internet Banking di Hotspot gratis, misal di Mall atau Kampus, namun jika anda terpaksa menggunakan koneksi Wireless pastikan bahwa koneksi anda terenkripsi.
  • Cek dan rechek setiap transaksi dari Internet Banking anda, sehingga Anda bisa mengetahui setiap detil dari transaksi dan jika Anda transaksi yang mencurigakan anda bisa langsung melaporkan ke Bank yang bersangkutan.
  • Selalu gunakan Password yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Gunakan kombinasi huruf dan angka serta hindari menggunakan password yang sama untuk setiap akun online Anda. Misalnya bedakan antara Password Facebook anda dengan Password Internet Banking.
  • Pastikan Anda selalu Log Out setelah anda selesai melakukan kegiatan Internet Banking.

Untuk selalu uptodate dengan info dan artikel terbaru dari Blog Tasikisme jangan lupa masukan email Anda di bawah ini dan klik Subscribe!

loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts