Facebook bisa jadi ajang selingkuh? pertanyaan sederhana namun tak bisa dipungkiri, realita yang terjadi saat ini memang memungkinkan ke arah tersebut. Sudah bukan rahasia lagi, kita bisa menghancurkan pernikahan atau sebuah hubungan cinta lewat internet (baca : Putus Cinta di Facebook?) dan Online Social Networking (termasuk Facebook tentunya) membuat hal tersebut menjadi semakin mudah. Bertemu puluhan atau bahkan ribuan orang di Facebook dengan berbagai karakter orang, gaya, kecantikan, dan daya tarik lainnya tak bisa dipungkiri bakal membuat kita buta mata dan buta hati, ujung-ujungnya kita bisa terjebak ke dalam jalinan Cinta Terlarang. Tak heran bila sebelumnya mungkin anda menganggap bahwa pacar anda paling sempurna (She/He is perfect in almost every single way) tapi ketika anda mulai terjebak di Facebook dan bertemu dengan cewek cantik atau pria ganteng, Andapun akhirnya terjebak pula di tepi jurang perselingkuhan.

Pertanyaannya sekarang, bila demikian berarti kita harus menghapus atau meng-Cancel akun Facebook kita atau bahkan melarang pasangan kita untuk punya facebook? TIDAK JUGA. Facebook punya berbagai manfaat, salah satu diantaranya adalah sebagai sarana komunikasi dengan teman lama, sahabat karib atau keluarga.

1. Teliti dan Cermat dalam menyimpan dan Menulis sesuatu di Internet

Jangan pernah menulis sesuatu atau meng-upload photo di internet yang akan membuat kekasih anda merasa tidak nyaman. Tak ada yang melarang anda untuk meng-upload foto seksi di facebook atau menulis kata-kata yang romantis, tapi sebelum anda melakukan itu semua sebaiknya konsultasikan dulu dengan pasangan anda, dan anda WAJIB menghargai perasaan pasangan anda. Jangan pernah meremehkan perasaan kekasih anda, kecuali kalau anda memang menginginkan sebuah kehancuran dari hubungan kasih sayang yang telah anda bina!

2. Upload Photo yang biasa-biasa saja

Anda berfoto-foto mesra (dengan pasangan anda) dengan pakaian m inim, tentu saja photo seperti ini hanya cocok sebagai koleksi pribadi anda berdua. Tidak perlu seluruh dunia tahu kalau anda punya tubuh seksi dan bisa begitu “HOT”. Upload photo yang biasa-biasa saja di Facebook, anda tentu tidak ingin kan keponakan anda yang masih anak-anak dan melihat profile facebook anda, lalu berkata “Tante, fotonya kok seksi begitu kayak di film-film porno aja?”… nah.. loh.. anda tentu bingung kan akan berkata apa? Anak kecil aja tau… dan merasa tidak nyaman.

3. Pilih status relationship yang sesuai
Anda telah menikah? Status yang terbaik bagi anda di Facebook adalah Married atau Menikah. Jangan memakai status relationship yang aneh-aneh (misal ngaku : Lajang atau Single) yang tidak mencerminkan anda sesungguhnya. Perlu diingat perselingkuhan bisa terjadi karena a danya salah informasi seperti ini, lagian kalau misalnya pasangan anda melihat status relationshipnya “Single” dia pasti bakal merasa tidak nyaman dan merasa tidak dihargai keberadaannya di sisi anda selama ini, benarkan?

4. Pilih teman dengan bijaksana
Untuk menjalin pertemanan di Facebook, ada proses “Setuju-Tidak Setuju” alias konfirmasi jadi teman. Nah, bijaksanalah dalam memilih teman di Facebook. Anda merasa tidak kenal dan asing dengan seseorang, lebih baik anda “Ignore atau Abaikan saja”, perlu diingat anda tidak harus atau tidak punya kewajiban untuk menerima semua ajakan jadi teman/ friend di Facebook. Solusi terbaik adalah terima teman yang memang real atau nyata dalam kehidupan (real-life friend), teman yang memang telah anda kenal sebelumnya di kehidupan sehari-hari anda misal teman waktu SMA atau sahabat anda atau keluarga/ family anda. Jika ada Sang Mantan, yang mencoba menghancurkan pernikahan atau hubungan cinta anda. Dan Pacar (pasangan anda) meminta anda untuk menjauhinya, maka di Facebook-pun anda harus menjauhi Sang Mantan tersebut, jangan jadikan dia (Sang Mantan) sebagai teman bahkan bila perlu Block dia agar tidak bisa mengakses profile Facebook anda!

5. Jangan Poke Teman
Banyak facebooker yang mem-Poke teman dengan “hugs and Kisses” virtual, sebaiknya anda hindari hal semacam ini terutama bila anda memang telah menikah atau mempunyai pasangan. Di luar negeri mungkin “hugs and Kisses” sudah lumrah sebagai tanda keakraban dari pertemanan, tapi.. kebanyakan dari masyarakat kita masih punya anggapan “hugs and Kisses” sebagai tanda cinta dan kasih sayang dan hanya boleh dilakukan oleh mereka yang telah menikah? Jadi kalaupun anda ingin mem-Poke, sebaiknya Poke suami atau pasangan anda saja, biar hubungan anda tambah mesra. Atau Poke keponakan anda sendiri dengan “hugs” biar dia tahu kalau anda menyayanginya. Jangan pernah mem-Poke Sang Mantan dengan “hugs and Kisses”, selain dia bisa Ge-eR nanti pasangan andapun bakal marah dan menyangka anda CLBK!

Untuk selalu uptodate dengan artikel terbaru dan menarik dari tasikisme.com jangan lupa masukkan email anda di bawah ini. Atau bila anda punya Fesbuk, jangan lupa untuk menjadi Fans Tasikisme di Facebook dengan mengklik “Become a Fans” di bawah ini!
loading...

Baca Selanjutnya :

  • No Related Posts