Berwisata dipercaya mampu menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari, dan tentunya membuat hidup lebih indah dan menarik untuk dijalani. Maka tak mengherankan bila banyak dari kita yang menyempatkan diri untuk berwisata ke tempat-tempat yang alami, indah ataupun tempat yang memang khusus untuk tujuan wisata. Namun sebelum berwisata ada baiknya anda persiapkan dulu diri baik-baik, jangan sampai niat anda untuk bersenang-senang dan menghilangkan kejenuhan malah jadi sebuah mimpi buruk karena saat berwisata anda malah jatuh sakit atau kondisi tubuh tidak prima.

Sebelum Berwisata
Yang pertama harus anda lakukan adalah cek kondisi tubuh (sebaiknya anda periksa tubuh ke dokter), pastikan kondisi tubuh anda benar-benar fit dan prima, kalau ada sedikit gejala sakit segera konsultasikan dengan dokter untuk proses penyembuhan maupun pencegahan agar gejala sakit tersebut tidak berkepanjangan. Selain itu anda harus mengerti (walaupun secara garis besar) terhadap berbagai pencegahan maupun pengobatan penyakit-penyakit seperti deman, malaria ataupun penyakit lainnya. Pelajari juga tempat tujuan wisata yang akan anda kunjungi, pastikan anda mendapatkan informasi terbaru tentang kondisi tempat tersebut (apalagi sekarang lagi musim Flu Babi) jadi pastikan bahwa daerah tempat tujuan wisata anda tidak sedang dalam kondisi endemi penyakit. Selanjutnya Travel Health Insurance juga sangat penting, agar anda mendapatkan jaminan bila suatu saat anda mengalami sebuah musibah saat berwisata.

Persiapan selanjutnya adalah jangan lupa untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan medical/ perawatan lainnya untuk pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, mulai dari Sunscreen, Insect repellent, Motion Sickness Medication, Antacid Tablets, Anti Diarheal Medication, Pain/Fever Medication, Decongestants sampai pada First Aid Kit.

Selama Berwisata

Teliti memilih Makanan dan Minuman. Wajib anda perhatikan makanan dan minuman yang akan anda makan dan minum. Bila anda berwisata ke daerah pertanian/ perkebunan yang mempergunakan zat-zat kimia seperti pestisida/ insectisida, sebaiknya jangan sembarangan minum air, pun jangan pernah makan makanan yang tidak dimasak. Bila anda ingin membeli minuman atau makanan di toko/ warung, perhatikan apakah makanan atau minuman tersebut telah lama berada di dalam etalase atau tidak dan kondisi kemasaran harus dalam keadaan baik.

Cuci tangan sesering mungkin. Pastikan anda selalu cuci tangan sebelum makan, setelah memegang uang, setelah berpegangan pada benda yang berdebu, setelah naik kendaraan umum. Untuk itu anda wajib membawa Antibacterial Hand Wipes atau Gel Cleanser, untuk pencegahan bila ternyata di tempat wisata anda tidak menemukan air bersih (hangat) dan sabun untuk cuci tangan.

Lindungi diri anda dari bahaya malaria dan penyakit lainnya. Bila anda berwisata ke gunung selalu gunakan celana panjang dan baju tangan panjang plus jaket atau sweeter, juga tidur di tenda yang tertutup rapat biar nyamuk tidak leluasa menyerang anda atau gunakan lotion untuk mencegah gigitan nyamuk.

Gunakan Sunscreen bila anda berwisata ke tempat yang udaranya panas seperti Pantai, gunakan topi, juga lindungi kulit anda dari panasnya cahaya matahari. Juga hindari menyentuh tanaman ataupun binatang liar ataupun burung (kalau anda terpaksa harus menyentuhnya, pastikan sesudahnya anda cuci tangan dengan sabun sampai bersih)

Yang terpenting, jangan berlebihan dan menguras tenaga saat berwisata. Anda tidak harus mengelilingi seluruh area kebun binatang, atau melihat seluruh area perkebunan, juga anda tidak mesti mengunjungi setiap museum, atau berkunjung ke seluruh objek wisata yang membuat anda merasa dikejar waktu. Rileks dan santai saja, toh tujuan anda adalah untuk berwisata dan bersenang-senang bukan untuk membuat laporan tentang objek wisata yang anda kunjungi.

Setelah Berwisata

Akhirnya, setelah selesai berwisata dan pulang kembali ke rumah, cek kesehatan anda. Pastikan kondisi anda fit dan prima sama seperti sebelum anda berwisata. Bila ada gejala-gejala sakit segera periksakan diri ke dokter.

Sebagai penutup, bila anda berminat berwisata ke daerah Tasikmalaya, ada berbagai objek wisata Tasikmalaya yang bisa anda kunjungi di mulai dari Wisata Budaya seperti ke perkampungan tradisional yakni Kampung Naga yang penduduknya masih teguh memegang adat leluhur, Wisata Bahari ke Pantai Cipatujah, Wisata Belanja di sekitar kota Tasikmalaya (mulai dari Asia Plaza Tasik, Pasar Tradisional Pasar Lama, sampai kepada pusat kerajinan tangan seperti Rajapolah dimana anda bisa membeli berbagai souvenir tradisional) atau bila anda berminat ber-Wisata Kuliner, jangan khawatir di Tasik banyak sekali restoran dari yang modern sampai yang tradisional atau malah bila anda berminat untuk Ber-Wisata Studi anda bisa berkunjung melihat-lihat kampus UNSIL (Universitas terbesar di Tasikmalaya) ataupun Sekolah Tinggi Suryalaya, pun bila anda ingin ber-Wisata Alam anda bisa mengunjungi perkebunan teh di Salawu Tasikmalaya.

Stay Update dengan informasi wisata menarik lainnya dari Tasikisme maupun info seputar Tasikmalaya atau kota Tasik, dengan memasukan email anda di bawah ini.

loading...

Baca Selanjutnya :