Home Makalah Macam-macam Tindakan Sosial dalam Masyarakat

Macam-macam Tindakan Sosial dalam Masyarakat

by Satria Dewa
0 comment

Berdasarkan tingkat kemudahan untuk memahaminya, tindakan sosial dibedakan kedalam empat tipe yaitu :

  1. Rasionalitas Instrumental (Zwerk Rational)

Tipe ini merupakan tindakan sosial murni artinya tindakan seseorang yang memperhatikan cara bertindak dan tujuan yang hendak dicapai dari tindakan tersebut

  1. Rasionalitas Yang Berorientasi Nilai (Werktrational Action)

Tindakan yang dilakukan merupakan salah satu cara yang baik dan tidak bertentangan dengan kaidah, tetapi tidak diyakinnya sebagai cara yang terbaik untuk mencapai tujuan.

  1. Tindakan Afektif (Affective Action)

Tindakan ini lebih didominasi oleh perasaan atau emosi dan kepura-puraan atau dibuat-buat sehingga tindakan ini sulit dipahami atau tidak rasional

  1. Tindakan Tradisional (Traditional Action)

Tindakan ini merupakan tindakan yang tidak rasional yaitu tindakan seorang yang didasarkan pada kebiasaannya dalam mengadakan sesuatu baik yang biasa dilakukannya atau kekuasaan orang terdahulu.

Interaksi sosial merupakan kunci atau syarat utama dari semua kehidupan sosial karena melalui interaksi tersebut akan terjalin hubungan antara individu dan individu dengan kelompok serta hubungan antara kelompok yang ditandai dengan adanya hubungan timbal balik antara pihak yang berinteraksi.

Terjadinya interaksi sosial diperlukan adanya kontak sosial (social contact) dan komunikasi. Interaksi sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut : pelaku lebih dari satu orang atau satu kelompok, adanya komunikasi diantara pelaku dan adanya tujuan sama atau tidak sama antar pelaku. Faktor-faktor yang dapat melahirkan interaksi sosial adalah imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati.

Dalam kehidupan sosial, ditemui dua bentuk interaksi sosial yaitu yang bersifat asosiatif dan disasosiatif.

Bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif yaitu kerja sama (Co-operation) dan akomodasi (accomodation) sedangkan yang bersifat disasosiatif adalah persaingan (competition), kontravensi dan pertentangan atau pertikaian (conflict) kerjasama dapat diklasifikasikan ke dalam lima bentuk yaitu :

  • Kerukunan yang mencakup gotong royong dan tolong menolong
  • Bargaining yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua organisasi atau lebih
  • Ko-optasi (co-optation) yaitu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan
  • Koalisi (Coallition) yaitu kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama
  • Joint Venture yaitu kerjasama yang bergerak dalam pengusahaan proyek proyek tertentu.

Baca Selanjutnya :

Leave a Comment