Home Makalah Jenis dan Maksud Perubahan Sosial

Jenis dan Maksud Perubahan Sosial

by Satria Dewa
0 comment

Perubahan sosial merupakan perubahan yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat termasuk didalamnya perubahan sistem nilai dan norma sosial, sistem pelapisan sosial, struktur sosial, proses-proses sosial, pola sikap dan tindakan sosial serta lembaga kemasyarakatan.

Terjadinya perubahan pada salah satu aspek kehidupan material maupun non material sehingga sering menimbulkan disintegrasi yang diikuti dengan adanya reorganisasi untuk mencapai keseimbangan dalam kehidupan sosial.

Perubahan sosial dipengaruhi oleh faktor internal (dari dalam) dan eksternal (dari luar) dibawah ini yang termasuk faktor internal seperti :

  1. Perubahan Komposisi Penduduk
    Bertambah atau berkurangnya jumlah merupakan keadaan yang menunjukkan terjadinya perubahan komposisi penduduk
  2. Penemuan Baru
    Penemuan yang dihasilkan oleh anggota masyarakata dan diadopsi oleh warga masyarakat dapat menimbulkan perubahan sosial
  3. Konflik Sosial
    Merupakan pertentangan yang terjadi dalam masyarakat baik secara perorangan maupun kelompok
  4. Pemberontakan
    Pemberontakan atau revolusi yang berasal dari anggota masyarakat dapat menyebabkan perubahan sosial.

Sedangkan faktor eksternal seperti bencana alam, peperangan akibat intervensi pihak luar dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

Berlangsungnya proses perubahan sosial dapat disebabkan karena adanya faktor pendorong dan penghambat. Faktor pendorong perubahan yaitu sistem pendidikan yang maju, adanya toleransi terhadap perubahan yang menyimpang, sistem kemasyarakatan terbuka, penduduk heterogen, ketidakpuasaan terhadap bidang kehidupan tertentu, disorganisasi dalam masyarakat dan sikap mudah menerima inovasi.

Sedangkan faktor penghambat perubahan yaitu perkembangan ilmu pengetahuan yang lambat, sikap masyarakat tradisional, kepentingan yang telah tertanam dengan kuat, prasangka buruk terhadap pihak luar, dan rasa takut terjadinya kegoyahan dalam intergrasi masyarakat.

Perubahan sosial dibedakan menjadi 3 bentuk yaitu perubahan sosial yang lambat dan perubahan sosial yang cepat. Perubahanm kecil dan perubahan besar, dan perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan.

Perubahan sosial dapat membawa kemajuan bagi masyarakat, tetapi dapat juga menimbulkan dampak negatif diantaranya melahirkan disintegrasi yaitu munculnya ketidakselarasan dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat sehingga menimbulkan konflik sosial dalam masyarakat.

Baca Selanjutnya :

Leave a Comment