Beranda Variabel Penelitian dalam PTK
Postingan
Batal

Variabel Penelitian dalam PTK

Mungkin Anda pernah bertanya apa yang dimaksud dengan variabel penelitian itu.

Menurut Faisal (1982: 82-83) bahwa:

Variabel adalah kondisi-kondisi atau karakteristik yang oleh peneliti dimanipulasikan, dikontrol atau diobservasi. Agar variabel tersebut dapat terukur, variabel tersebut dapat didefinisikan ke dalam bentuk rumusan yang lebih operasional.

“Variabel penelitian dalam PTK terdiri dari variabel input, variabel proses dan variabel output”, (Tim Pelatihan PGSM, 1999: 65). Variabel tersebut dalam penelitian ini dirumuskan seperti di bawah ini:

  1. Variabel Input Variabel input selama tindakan pembelajaran adalah pengetahuan awal siswa, materi pembelajaran serta wawasan dan bekal keterampilan guru (peneliti) mengelola pembelajaran. Variabel tersebut dideskripsikan secara global berdasarkan hasil pengamatan dan pengecekan oleh tim peneliti yang berkolaborasi dengan tenaga ahli (pembimbing).

  2. Variabel Proses Variabel proses yaitu Pembelajaran Remedial pada Pembelajaran IPS Materi Pokok Perkembangan Teknologi Komunikasi, termasuk di dalamnya upaya-upaya guru dalam proses pembelajaran. Dinyatakan dengan skor dan deskripsi hasil penelitian observer terhadap kinerja guru pada setiap tindakan.

  3. Variabel Output Variabel Output berkaitan dengan kualitas pembelajaran setelah dilakukan pembelajaran berdaur (siklus). Dalam penelitian ini, kualitas pembelajaran tersebut adalah peningkatan hasil belajar pembelajar lamban pada pembelajaran IPS Materi Pokok Perkembangan Teknologi melalui Program Remedial.

Postingan ini dilisensikan di bawah CC BY 4.0 oleh penulis.