Beranda Pengertian Pendidikan Pengetahuan Sosial
Postingan
Batal

Pengertian Pendidikan Pengetahuan Sosial

Dalam kurikulum 2007, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar yaitu :

Agar peserta didik mampu mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial, memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar adalah suplemen GBPP 1999, yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mengkaji kehidupan sosial yang bahannya didasarkan pada yang diajarkan di Sekolah Dasar terdiri atas dua kajian pokok, yaitu pengetahuan sosial dan sejarah

Menurut Jarolemik pada dasarnya pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang memungkinkan mereka berperan serta dalam kelompok hidupnya.

Pendapat Jarolemik tersebut bila dikaji lebih menekankan kepada pembentukan anak sebagai warga atau anggota yang mampu berperan serta dalam kelompok hidupnya. (Suhartono, 1994: 4).

Postingan ini dilisensikan di bawah CC BY 4.0 oleh penulis.